Warga Kutai Kartanegara Mendukung Penuh Pemindahan Ibu Kota Indonesia ke Kalimantan Timur

BALIKPAPAN, PRAKARSA BORNEO – Bupati Kukar atau Kutai Kartanegara Edi Damansyah mengungkapkan rakyat Kutai Kartanegara memberikan dukungan sepenuhnya kepada pemerintah pusat dalam lakukan pemindahan ibu kota Indonesia ke Kalimantan Timur.

“Yang selama ini ada kepincangan (pembangunan) bisa disamaratakan. Prinsipnya rakyat Kutai Kartanegara merespon dan memberikan dukungan full,” katanya kepada Tribunkaltim.co pada Kamis (1/8/2019) di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Sejurus dengan warganya, pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara menyatakan kesiapannya apabila Presiden Joko Widodo memutuskan Ibu Kota Baru ke Kalimantan Timur.

Tinggal menunggu keputusan Presiden Joko Widodo.

“Kita tunggu, kawasan sudah disiapkan, kajian sudah.”

“Kita mohon doa seluruh warga Kalimantan Timur, agar keputusannya meletakkan pemindahan ibu kota Indonesia ke Kalimantan Timur, di kabupaten Kutai Kartanegara yang berbatasan dengan Penajam Paser Utara,” ungkapnya.

Selama ini Pemkab Kutai Kartanegara mendukung tim kajian nasional pemerintah pusat dengan menyuplai data dan informasi yang dibutuhkan.

Segala persoalan teknis riset dan kajian murni dikerjakan tim nasional.

“Bukan kami yang menyiapkan, itu hasil kajian dari tim nasional. Keberadaan kawasan di sana melebihi.

Dari sisi lokasi kawasan tak ada persoalan, semua tersedia.

“Tinggal keputusan dari Presiden Joko Widodo saja,” selorohnya.

Saat disinggung soal ganti untung aset warga yang lahannya barangkali masuk ke dalam kawasan perencanaan pembangunan kawasan pemerintahan Ibu Kota Baru negara.

Edi enggan berkomentar lebih jauh. Ia tak mau berandai-andai.

“Sekarang belum berandai ke sana. Kita tunggu konkrit. Saya kira hal-hal seperti itu akan jadi perhatian,” ungkapnya.

Edi Bupati Kukar berharap bila pemindahan ibu kota Indonesia diputuskan ke Kalimantan Timur, bisa memberikan efek besar bagi kemajuan daerah di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur dan provinsi lainnya di Pulau Kalimantan.

“Harapannya kita bisa lebih maju Kalimantan Timur. Khususnya Kutai Kartanegara, karena memang rencana itu, rencana besar,” tuturnya.

“Paling tidak infranstruktur, bagaimana kondisi keberadaan kebijakan bisa mendorong pertumbuhan ekonomi,” tuturnya.(*)

 

Sumber berita: https://kaltim.tribunnews.com/2019/08/01/warga-kutai-kartanegara-mendukung-penuh-pemindahan-ibu-kota-indonesia-di-kalimantan-timur?page=2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *